Kamis, 03 Agustus 2017

CONTOH TEKS NEGOSIASI

Sebelum kita memasuki ke contoh teks negosiasi, kita harus lebih dulu mengetahui apa itu teks negosiasi? apa sih teks negosiasi?

○ Pengertian teks negosiasi

        Negosiasi adalah bagian dari kehidupan kita sehari-hari dengan kita sadari maupun tidak, sebagai contoh ketika kita meminta sesuatu kepada orangtua kita dan orang tua kita menawarkan barang lain. Jadi, negosiasi adalah suatu cara untuk mencapai suatu kesepakatan bersama melalui diskusi formal.

○ Tujuan negosiasi 

         Tujuan dari melalukan negosiasi adalah :
1. Untuk mendapatkan atau mencapai kata sepakat yang mengandung kesamaan persepsi, saling pengertian dan persetujuan.
2. Untuk mendapatkan atau mencapai kondisi penyelesaian atau jalan keluar dari masalah yang dihadapi bersama.
3. Untuk mendapatkan atau mencapai kondisi saling menguntungkan dimana masing-masing pihak merasa menang (win-win solution).

CONTOH TEKS NEGOSIASI ( pendidikan )

Situasi : Seorang siswa dihukum lari 20 kali putaran oleh guru nya di lapangan sekolahnya, dan ia melakukan negosiasi atas hukuman nya dengan gurunya.
(Teks negosiasi di bawah termasuk awal permasalahan)

Siswa : "Bu! Saya tidak mengerjakan pr bu!"
Guru  : "Maju kamu! Kamu saya hukum lari 20 kali putaran lapangan"
Siswa : "Yah bu... 10 kali putaran aja deh buu"
Guru  : "Gak! Kamu udah berapa kali tidak mengerjakan pr di mata pelajaran saya? Sudah berkali-kali"
Siswa : "Baru 3 kali bu sama yang inii... 11 putaran deh buu"
Guru  : "Oke, ibu ringankan menjadi 15 putaran"
Siswa : "Makasihh bu cantik!"
Guru  : "Udah sana cepetan! Nanti saya tambahin kalau lama"

Sekian contoh teks negosiasi yang saya berikan, mohon maaf atas kesalahan kata dan lainnya, saya tahu teks ini jauh dari kata sempurna.

Terima kasih atas perhatian pembaca! Sampai jumpa di post berikutnya! :)

-L.s-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar